KUTAI KARTANEGARA – Kampanye tatap muka masih menjadi strategi utama pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kutai Kartanegara (Kukar). Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar mencatat bahwa 76 persen paslon lebih memilih metode ini untuk menjangkau pemilih secara langsung, mengalahkan jenis kampanye lain seperti pertemuan terbatas dan kampanye kreatif berbasis olahraga.
Kampanye tatap muka tetap dianggap menjadi cara paling efektif bagi paslon untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Metode ini memberikan ruang bagi pemilih untuk menyampaikan aspirasi mereka secara langsung.
Selain tatap muka, pertemuan terbatas menjadi pilihan kedua dengan persentase 18 persen. Sementara itu, tren kampanye berbasis olahraga seperti Zumba mulai menarik perhatian, meski baru mencatat angka 3,4 persen. Kampanye digital dan media sosial, meski populer di tingkat nasional, tampaknya belum menjadi prioritas di Kukar.
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran serta Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar, Hardianda, menilai dominasi tatap muka dipengaruhi oleh kultur masyarakat lokal. “Warga Kukar lebih menyukai komunikasi langsung dengan kandidat. Hal ini memberi kesan personal sekaligus memungkinkan dialog dua arah yang lebih mendalam,” kata Hardianda.
Namun, dominasi kampanye tatap muka ini juga menimbulkan tantangan. Sebab, metode ini memiliki risiko tinggi terjadinya pelanggaran, seperti politik uang atau pemberian janji-janji tertentu kepada pemilih.
Keunggulan kampanye tatap muka, terletak pada kemampuannya membangun kedekatan emosional antara paslon dan pemilih. Namun, di era digital seperti sekarang, kampanye tradisional ini perlu diimbangi dengan strategi berbasis teknologi untuk menjangkau kelompok pemilih muda dan masyarakat perkotaan.
Dengan hari pencoblosan yang semakin dekat, paslon di Kukar dituntut mengoptimalkan berbagai metode kampanye untuk meraih dukungan, sembari memastikan seluruh aktivitas mereka berjalan sesuai aturan. (Advertorial/Diskominfo Kukar)















