Loa Kulu – Kepala Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara Sukirno memaparkan soal capaian layanan di desanya. Lebih lanjut dijelaskan Sukirno, hampir satu hingga dua tahun terakhir, pihaknya telah menerima berbagai fasilitas pendukung dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kutai Kartanegara yang membantu mempercepat proses pelayanan administrasi.
Pasalnya, Sukirno mengatakan sarana dan prasarana sangat berharga dalam mendukung kemajuan pelayanan publik di Desa Loh Sumber. Dampaknya pun terasa. Salah satu contoh nyata adalah kemajuan dalam sistem teknologi informasi yang memungkinkan proses pelayanan administrasi dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.
“Alhamdulillah, untuk pelayanan administrasi, kami bisa bekerja secara maksimal. Proses pelayanan kini bisa selesai hanya dalam waktu 5 menit. Semua itu karena fasilitas pendukung yang sudah kami lengkapi,” ujar Sukirno, Sukirno Kamis (8/5/2025).

Pemerintah Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.
Dia menuturkan, pihaknya menerapkan sistem pelayanan yang menyeluruh, di mana tidak ada batasan waktu atau tempat.
“Di Desa Loh Sumber, pelayanan tidak hanya kami maksimalkan di kantor Desa. Kami menerapkan sistem pelayanan menyeluruh tidak ada batasan waktu, tidak terbatas tempat. Karena prinsip kami adalah kami pelayan masyarakat, bukan masyarakat yang melayani kami,” tegas Sukirno.
Secara keseluruhan, sambung dia, pelayanan di Desa Loh Sumber sudah berjalan dengan baik selama hampir tiga tahun terakhir. Meskipun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan atau kesalahan.
“Kami terus mendorong seluruh perangkat untuk memberikan pelayanan terbaik. Meskipun dalam praktiknya pasti ada kekurangan, tapi Alhamdulillah, secara keseluruhan semuanya sudah berjalan dengan baik,” tutupnya. (Adv/DPMD Kukar)